10 October 2007

Menjadi Diri Sendiri



Menjadi DIRI SENDIRI? Banyak banget kita sering dengar orang berkata demikian "Ya, aku mau jadi diriku sendiri!"
Mudah mengatakannya, tapi untuk menjadi diri sendiri butuh proses panjang yang berliku. Untuk menemukan jati diri kita yang sebenarnya saja itu tidak mudah. Bener-bener butuh proses dan waktu yang tidak sebentar. Menjadi diri sendiri itu indah, kita tidak perlu berusaha untuk menjadi seperti idola-idola kita, mau seperti Delon-lah, mau seperti Krisdayanti, mau seperti Keanu Reaves-lah dan mau..mau...seperti lainnya...... Jadi diri sendiri itu lebih baik!!!Tiap pribadi itu unik kan, tidak ada yang sama, saudara kembar juga pasti akan ada bedanya.Potensi, kelebihan, kekurangan, daya tarik, bakat, kemampuan, perasaan dan banyak lagi tidak akan sama satu dengan yang lainnya. Bersyukur saja apapun adanya kita.

Rasanya usaha untuk menjadi diri sendiri itu tidak akan pernah berhenti.
Menjadi diri sendiri itu adalah perjuangan terus-menerus sampai seumur hidup kita. Tidak peduli apa yang akan orang lain katakan tentang kita, kita akan tetap terus berjalan lanjutkan hidup yang menurut kita itu baik untuk kita. Sejauh hidup kita tidak merugikan orang lain dan kita dapat mempertanggungjawabkannya pada Sang Pemberi Hidup!

Hidup tidak selamanya mulus, selalu saja pasang surut. Menerima hidup apa adanya, menjalaninya dengan tetap kreatif, memberinya banyak warna agar tidak bosan. Ya, hidup harus diberi warna, tidak bagus dan tidak menarik jika warnanya hitam putih saja. He..he..iya kan?

Menyadari penuh sejarah hidup kita, asal-usul kita, memaafkan masa lalu yang menyakitkan, membuka hati, mengakui perasaan-perasaan kita, dan menyusun rencana tentang masa depan kita. Semuanya itu juga proses untuk menjadi diri sendiri.


1 comment:

moko said...

bener.
sulit sekali menjadi diri sendiri.
apalagi di tengah budaya massa yang akhirnya menyamaratakan individu,proses menuju kedirisendirian, menjadi makin berat.
.baru tau dikau punya blog, gw link di blog gw ya.